Selasa, 05 April 2016

Contoh Ulem-ulem Ijoan dan Contoh MC

Contoh Ulem-ulem Ijoan (lisan)

Hasil gambar untuk mc b.jawa kartun
1.       Kula nuwun (salam). Kepareng matur kalian bapak (yang dituju). Sepindah kula
mriki badhe silaturahmi kalian bapak (yang dituju) sak keluarga. Kaping kalihipun kula mriki inggih menika dipun kengken kalian bapak (yang punya hajat) mbok bilih mbenjang dinten............ tanggal......bulan...... bapak (yang dituju) dipun aturi tindak rawuh wonten dalemipun bapak  (yang punya hajat) sak perlu dipun suwuni doa pangestunipun anggenipun ngresmekaken putra/putrinipun bapak (yang punya hajat) utawi (resepsi). Nggih kepareng matur sepindah malih kalian bapak (yang dituju) amargi anggen kula matur nggih sampun cekap, kula badhe nyuwun pamit sak perlu nglajengaken mlampah malih. Maturnuwun (pamitan dan salam).

2.       Kula nuwun (salam). Kepareng matur dhumateng bapak/ibu (yag dituju). Maksud kawula sowan mriki ingkang sepindah inggih menika silaturahmi, ingkang kaping kalihipun inggih menika kawula dipun utus bapak saha ibu (yang punya hajat) bilih panjenenganipun bapak/ibu (yang dituju) kasuwun kerawuhanipun wonten dalemipun bapak saha ibu (yang punya hajat) benjang dinten..... tanggal... wanci jam... saperlu hanyengkuyung doa wonten ing acara .....(acara apa, misal resepsi). Nggih kepareng matur bapak (yang dituju), gegandengan sampun cekap anggen kula matur lan sampun pinanggih wilujeng kula nyuwun pamit.


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di............... tanpa halangan suatu apapun. Shalawat serta salam tak lupa kita panjatkan atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.
Teman-teman sekalian, sebagai pembawa acara izinkan saya membacakan susunan acara yang akan kita laksanakan pada malam hari ini.
1.     Pembukaan
2.     Iuran wajib
3.     Inti
4.     Lain-lain
5.     Penutup
Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah acara pada malam hari ini kita buka dengan membaca basmallah bersama-sama.
Memasuki acara yang kedua yaitu iuran, kepada yang bertugas menerima iuran saya persilahkan.
Memasuki acara yang ketiga yaitu inti, kepada.............(ketua pemuda) saya persilahkan.
Memasuki acara yang keempat yaitu lain-lain, apabila ada teman-teman yang ingin mengutarakan pendapat maupun masukan saya persilahkan.
Memasuki acara yang terakhir yaitu penutup. Namun, sebelum acara pada malam hari ini kita tutup, saya selaku pembawa acara mohon maaf atas segala tutur kata maupun perilaku saya yang kurang berkenan dihati teman-teman dalam saya membawakan acara. Marilah acara pada malam hari ini kita tutup dengan bacaan hamdallah bersama-sama.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb 

 Oleh : Muda-mudi Karangmojo Purwomartani Kalasan Sleman DIY

0 komentar:

Posting Komentar